MUSDAR

MUSDAR, S.Pd.M.Pd adalah seorang Hamba Allah, dilahirkan di Pasar Kambang pada 12 Desember 1973 Kecamatan Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan Sumatera Bar...

Selengkapnya
Navigasi Web

'KEJAMNYA WAKTU SUBUH'

"KEJAMNYA WAKTU SUBUH"

Saudaraku Gurusiana, bertemu lagi dengan saya dalam tantangan hari ke-50 mengisi rubrikkolm dengan judul “Kejamnya waktu Subuh”. Artikel ini diammbil dari berebagai referensi.

Saya yakin di antara kita sdh mengetahui keistimewaan waktu Subuh. Hari ini ada baiknya kita melihat waktu Subuh dengan kacamata yang lain, yaitu dari bahaya waktu Subuh bila kita tidak dapat memanfaatkannya. Allah bersumpah dalam Al Fajr : “Demi fajar (waktu subuh)”. Kemudian dalam Al-Falaq, Allah mengingatkan: “Katakanlah! Aku berlindung kepada Tuhan yang menguasai waktu subuh”. Ada apa di balik waktu Subuh? Mengapa Allah bersumpah demi waktu Subuh? Mengapa harus berlindung kpd yang menguasai waktu Subuh? Apakah waktu Subuh sangat berbahaya Ya, ternyata waktu Subuh benar-benar sangat berbahaya!

Waktu Subuh lebih kejam dari sekawanan perampok bersenjata api. Waktu Subuh lebih menyengsarakan dari derita kemiskinan. Jika ada sekawanan perampok menyatroni rumah kita, dan mengambil paksa semua barang kita: uang dan semua perhiasan emas digondolnya. Uang cash puluhan juta ditilepnya. Laptop, yang berisi data-data penting kita juga diembatnya. Eh, mobil yang belum lunas juga diembatnya dan rumah kita dibakarnya.

Bagaimana rasa pedih hati kita menerima kenyataan ini? Ketahuilah, bahwa waktu Subuh lebih kejam dari perampok itu. Karena jika kita tergilas sang waktu Subuh sampai melalaikan shalat fajar, maka kita akan menderita kerugian lebih besar dari sekedar kehilangan seluruh harta kita. Kita kehilangan dunia dan segala isinya. Ingat sabda Rasulullah ﷺ : “Dua rakaat fajar lebih baik dari dunia dan segala isinya” (HR Muslim).

Waktu Subuh juga lebih menyengsarakan dari sekedar kemiskinan dunia. Karena bagi orang2 yg tergilas waktu Subuh hingga mengabaikan shalat Subuh berjamaah di masjid, maka hakikatnya, merekalah orang-orang miskin sejati yng hanya mendapatkan upah 1/150 (0,7%) saja pahala shalatnya. “…dan barangsiapa yang shalat Subuh berjamaah, maka ia bagaikan shalat semalam suntuk” (HR Muslim).

Shalat semalam suntuk adalah shalat yg dikerjakan mulai dari tenggelamnya matahari sampai terbit fajar. Fantastis! Shalat selama sepuluh jam…, atau kurang lebih 150 kali shalat! Betapa agung fadhilah shalat Subuh berjamaah ini. Sebaliknya betapa malangnya orang yg tergilas waktu Subuh, orang-orang yang mengabaikan shalat subuh berjamaah di masjid.

Waktu Subuh juga lebih berbahaya dari kobaran api yg disiram bensin. Mengapa demikian? Tahukah Anda bahwa Nabi Muhammad Shalallhu alaihi wassalam menyetarakan dengan orang Munafik bagi yang tidak mampu melaksanakan shalat Subuh berjamaah di mesjid ?

Rasulullah ﷺ bersabda : “Sesungguhnya tiada yang dirasa berat oleh seorang Munafik, kecuali melaksanakan shalat Isya dan shalat Subuh berjamaah. Sekiranya mereka tahu akan keagungan pahalanya, niscaya mereka bakal mendatanginya (ke masjid, shalat berjamaah) sekalipun harus berjalan merangkak-rangkak” (HR Bukhari Muslim).

Agar tidak merasakan gilasan waktu Subuh yg lebih kejam dari perampokan, agar tidak terkena gilasan waktu Subuh yang lebih menyengsarakan dari derita kemiskinan, dan panasnya kobaran api, maka: “Katakanlah! Aku berlindung kepada Tuhan yang menguasai waktu subuh.” (Al Falaq:1). Yaitu dengan bersegera memanfaatkan waktu Subuh sebaik-baiknya. Lakukan shalat sunnah qabliyah Shubuh (shalat fajar) dan shalat Shubuh berjamaah di masjid - bagi pria, di rumah - bagi wanita di awal waktu setelah azan berkumandang. Ayo jadi pejuang shubuh...!!! Dari Abu Mas’ud Uqbah bin Amir Al Anshari radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah ﷺ bersabda,

مَنْ دَلَّ عَلَى خَيْرٍ فَلَهُ مِثْلُ أَجْرِ فَاعِلِهِ

“Barangsiapa yang menunjuki kepada kebaikan maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya.” (HR. Muslim no. 1893)

Demikian saja artikel saya pada kesempatan ini, semoga bermanfaat. Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakaatuh. See you.

Batang Kapeh, 14 Juli 2020

MUSDAR, S.Pd.M.Pd

Guru IPA SMP Negeri 1 Batang Kapas

Pesisir Selatan Sumatera Barat

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Terimakasih pencerahannya pak....semoga kita selalu menjadi pejuang subuh.....Dan akun juga sudah follow bapak....salam literasi.

14 Jul
Balas

Alhamdulillah barakallahu fiikum Bu Ratna

15 Jul

Terimakasih pencerahannya Pak, smoga kita mampu memaksimalkan waktu subuh dengan sebaik-baiknya.

14 Jul
Balas

Aamiin Yaa Rabbal'alaamiin. Insya Allah

14 Jul

Luar biasa penjelasannya pak

14 Jul
Balas

Barakallahu fiikum Pak Ade

15 Jul

Terimaksih, tulisannya kerren...membaca nasihat tapi ndak berasa digurui...semoga kuta semua selalu dalam lindungan Allah SWT agar senantiasa bisa menjaga ibadah kita.aamiinSekali lagi terimaksih pak.

17 Jul
Balas

Bagus pak mengingatkan kita lebih bertanggung jawab lagi. Salam pak Mudar...sudah sy follow pak

14 Jul
Balas

Barakallahu fiikum. Terima kasih Mas Haryanto

14 Jul

Keren pak, walaupun guru IPA tetapi ilmu Agamanya lebih luas daripada guru Agama, sangat padiah dan barisi, salam literasi dari uniang piaman...

14 Jul
Balas

Tarimo kasih Uniang. Barakallahu fiikum Niang

14 Jul

luar biasa. salam literasi

14 Jul
Balas

Alhamdulillah barakallahu fiikum. Salam Literasi.

15 Jul

Mantap ulasannya pak Musdar. Menjadi renungan kita untuk senantiasa bangun shubuh. Barakallahu fiikum

14 Jul
Balas

Alhamdulillah barakallahu fiikum. Alhamdulillah Bu Yus

15 Jul

Terimakasih pak, sdh mengingatkan lewat tulisan yang luar biasaSalam sukses

15 Jul
Balas

Terimakasih pak, sdh mengingatkan lewat tulisan yang luar biasaSalam sukses

15 Jul
Balas

Terimakasih pak, sdh mengingatkan lewat tulisan yang luar biasaSalam sukses

15 Jul
Balas

Terima kasih pencerahannya pentingnya waktu subuh, sukses selalu pak

14 Jul
Balas

Alhamdulillah barakallahu fiikum. Terima kasih Bu Fit

14 Jul



search

New Post